Tips Sederhana Memilih Peluang Bisnis Online

Tips Sederhana Memilih Peluang Bisnis Online - Seiring perkembangan zaman, Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Indonesia yang memiliki jumlah penduduk urutan keempat di dunia menjadi potensi bagi para perusahaan dalam negeri dan luar negeri untuk meningkatkan pangsa pasarnya.
Tips Sederhana Memilih Peluang Bisnis Online
Peluang Bisnis Online (gambar: google)

Akhirnya banyak perusahaan internet asing mengincar Indonesia sebagai target market/pangsa pasar yang besar bagi mereka untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, seperti Yahoo, Google, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi. 

Tak ketinggalan pula akhirnya banyak pula perusahaan internet dalam negeri ikut serta karena mereka juga melihat besarnya potensi yang dimiliki Indonesia. Konsekuensinya pengguna internet di Indonesia menjadi semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Sebagai contoh Pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai urutan kedua di dunia setelah Amerika Serikat dan Blackberry dengan Blackberry Messenger nya merupakan satu contoh nyata meningkatnya pengguna internet.

Alhasil bisnis melalui internet pun menjadi primadona karena jangkauan untuk memasarkan produk/jasa menjadi lebih luas dan efisien. Peluang ini akhirnya banyak dimanfaatkan banyak orang untuk mendapatkan penghasilan melalui jasa internet. Atau yang sering kita sebut dengan bisnis online. 

Banyak macam bisnis online yang beredar di internet, mulai dari Pay per Click, Pay per Review, Pay per Survey, affiliate program, entry data, investasi berantai, copy paste, HYIP, dan masih banyak lainnya. Untuk itu kewaspadaan dan ketelitian sangat diperlukan di dalam memilih jenis bisnis online yang banyak beredar. 

Ada beberapa tips yang mungkin dapat dijadikan acuan di dalam memilih jenis bisnis online, yaitu :

1. Telusuri System Kerjanya

Sebelum Anda bergabung dalam suatu bisnis online, adakalanya Anda dapat melakukan pencarian system kerjanya. Banyak bisnis online memiliki system kerja yang tidak jelas. Banyak trik yang digunakan oleh pengelola bisnis online untuk mendapatkan member. 

Banyak janji-janji di dalam program kerja yang diberikan oleh pengelola bisnis online yang sebenarnya tidak jelas kalau benar-benar dicermati. Dengan keahlian membuat suatu artikel, para pengelola bisnis online yang menyesatkan mampu menarik orang untuk ikut serta. Untuk itu disarankan agar Anda menjalankan bisnis online yang nyata-nyata menjual produk/jasa. 

Jadi walau Anda tidak berhasil menjual kembali produk yang Anda beli atau tidak berhasil mencari downline/member baru, Anda masih bisa menggunakan produk tersebut untuk keperluan pribadi. Daripada Uang Anda lenyap tanpa ada produk yang bisa Anda nikmati.

2. Identitas Pengelola


Ada sebagian pengelola bisnis online yang memuat identitasnya dengan memasukkan alamat, no.telp/hp, dan alamat email nya bahkan foto pada halaman websitenya. 

Hal ini bukan jaminan mutu atas bisnis online yang ditawarkannya. Cara sederhana untuk mengetahui identitas pengelola bisnis online adalah melakukan tanya jawab terlebih dahulu melalui Email pengelola bisnis online. 

Setelah Anda melakukan register pada pengelola (biasanya gratis), pada umumnya Anda akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan pengelola melalui Email. 

Pengelola bisnis online yang nyata biasanya memiliki team khusus untuk menjawab setiap pertanyaan dari para calon membernya. Ajukan pertanyaan yang tidak ada pada halaman Tanya Jawab di website bisnis online tersebut. Lihat jawabannya. Karena jawaban yang bukan merupakan Automatic Reply sangatlah beda dengan jawaban yang memang diketik langsung. 

Setiap pertanyaan akan dijawab langsung ke pokok pertanyaan. Tapi tidak semua pertanyaan yang dijawab menggunakan automatic reply itu tidak benar, karena pengelola bisnis online yang sudah memiliki member yang sudah banyak sangatlah kewalahan menjawab setiap pertanyaan yang masuk sehingga akhirnya mereka menggunakan automatic reply pada alamat emailnya. 

Untuk itu pengelola bisnis online yang baik dan benar pasti akan menyediakan satu alamat email khusus untuk segala pengaduan dan tanya jawab dari para member/calon membernya.

3. Cari Kata Kunci


Pada umumnya bisnis online yang menyesatkan pasti akan banyak dikomentari. Untuk itu cari di Google Search engine dengan kata kunci alamat website bisnis online yang Anda ingin jalankan + kata kunci seperti penipuan, scam, haram, terlarang. 

Lalu Anda masuk ke website/forum yang membahas masalah tersebut. Coba lihat komentar dari Mereka yang sudah ikut menjalankannya. Kalau bisa Anda ikut bergabung dalam forum yang ada dan dapat melakukan komunikasi/interaksi dengan para korban penipuan karena mereka (korban penipuan) tidak segan-segan untuk mengutarakan kekesalannya melalui comment pada postingan di forum yang membahas masalah tersebut. 

Manfaatkan hal ini untuk mencari tahu sedetail-detailnya agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

4. Cek Domain

Anda juga bisa melakukan cek kepemilikan domain/alamat website bisnis online itu melalui whois.net. Disana akan tercantum siapa pengelola dan registrant domain tersebut. 

Untuk cara ini tidaklah menjamin sepenuhnya atas bisnis online dari website tersebut. Tapi hanya sebagai pelengkap keberadaan pengelola bisnis online tersebut.

Masih banyak cara lain yang lebih spesifik untuk memilih bisnis online yang benar-benar nyata. Yang paling penting setiap uang yang kita keluarkan untuk menjadi member suatu bisnis online dapat ditelusuri kegunaannya, seperti contoh utk keperluan biaya administrasi, starter kits, software, dan masih banyak lainnya. 

Penutup

Tips yang Saya berikan hanya tips dasar yang cukup efektif di dalam memilih jenis bisnis online. Semoga bermanfaat untuk Anda. 

Hati-hati dengan penipuan masa kini karena internet merupakan kendaraan yang sangat efektif untuk meraup keuntungan dengan cara yang tidak halal.

0 Response to "Tips Sederhana Memilih Peluang Bisnis Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel