2 Strategi Membangun Bisnis Sukses

2 Strategi Membangun Bisnis SuksesMembangun bisnis sukses adalah impian setiap orang. Banyak strategi yang dilakukan oleh pengusaha sukses untuk membangun bisnisnya agar sukses. Memang hanya dengan strategi bisnis yang tepat, sebuah bisnis bisa menghasilkan profit dan tumbuh dengan baik.
2 Strategi Membangun Bisnis Sukses
Membangun Bisnis Sukses (gambar: google)

Strategi bisnis ampuh

Ada 2 strategi ampuh yang menurut saya sangat baik dilakukan oleh pengusaha dalam membangun bisnisnya. 2 strategi ini merupakan pokok dari berbagai macam strategi yang ada. 2 Strategi itu adalah :

1. Strategi Keimanan

Tipe strategi ini yang jarang dipelajari, bahkan cenderung diabaikan oleh banyak pengusaha. Buktinya, strategi jenis ini kurang diminati dan diremehkan. Padahal strategi ini justru yang paling penting dibanding dengan strategi apapun dalam bisnis.

Strategi ini meliputi banyak ajaran agama yang terbukti sangat cocok dengan imu-ilmu bisnis kontemporer. Beberapa contoh strategi yang tergolong strategi keimanan dalam bisnis, antara lain :


  • Bertekad membangun bisnis bebas riba (rentenir / bunga bank), maisir (judi) dan Ghoror (penipuan, ketidakjelasan, merugikan pihak lain)
  • Berbisnis menggunakan akad perjanjian syar’i : mudhorobah, musyarokah, dll. Semua didasari keimanan dan tanpa unsur-unsur kesengajaan merugikan pihak lain di awal akad
  • Kejujuran dalam bisnis
  • Bisnis dilandasi dengan ketaqwaan dan tawakkal, karena rezeki sudah ditentukan oleh Allah Subhanahu Wataala. Yang penting membangun bisnis dengan proses yang benar. Insya-Allah hasilnya akan baik pula
  • Tidak cinta dunia. Dunia hanya sarana dalam pengabdian kepada Allah. Tetap kerja keras mencari kekayaan. Namun juga tetap bahagia, karena bisa menikmati dan menggunakan kekayaan dengan semestinya
  • Taat menjalankan perintah agama dengan benar dan istiqomah. Termasuk dalam kehidupan bisnisnya. Sehingga pengusaha semacam ini akan dicintai manusia dan dicintai Allah Subhanahu Wataala.
  • Bisnis tidak hanya didasari untung rugi semata. Gemar membantu sesama yang membutuhkan. Bersedekah dan berzakat untuk menyucikan hartanya secara ikhlas tanpa mengharap balasan dari manusia.
Point-point tadi hanya contoh saja. Masih banyak strategi-strategi lainnya yang bersifat keimanan. Anda bisa pelajari lebih detail tentang strategi ini dibuku-buku agama terutama yang membahas masalah fiqih muamalah maaliyah. Dan strategi ini tetap diutamakan, sebelum menjalankan strategi yang lain dalam bisnis.

Ketika Anda bertemu dengan seorang pengusaha muslim yang sukses, coba tanyakan apa strategi sukses yang sudah ia gunakan selama ini. Anda akan banyak menemukan jawaban-jawaban semacam point-point di atas.

2. Strategi Bumi

Strategi bumi ini saya maksudkan untuk berbagai macam strategi bisnis kontemporer. Strategi ini terus tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan peradaban.

Contoh-contoh dari strategi bisnis ini antara lain :
  • Strategi pemasaran offline
  • Strategi pemasaran online
  • Social media marketing
  • Branding
  • Distribution
  • Product management
  • Strategi memenangkan persaingan
  • Inovasi
  • Lean six sigma
  • dan seabrek ilmu-ilmu strategi bisnis yang lain
  • Strategi kontemporer wajib dipelajari oleh semua pengusaha sesuai dengan kebutuhan. Banyak pengusaha gagal dan usahanya redup, karena tidak mau belajar ilmu-ilmu bisnis.
Strategi bumi ini adalah strategi nomor dua. Nomor satu tetap strategi keimanan. Jika strategi keimanan diabaikan dan hanya mengutamakan strategi bumi, maka bisnis Anda sangat menyimpang. Bisnis yang mengabaikan strategi keimanan akan mudah gagal. Bisnis yang mengabaikan strategi keimanan juga tidak akan membahagiakan, karena menyalahi prinsip-prinsip kebenaran dan keadilan.

Boleh jadi seorang pengusaha kaya raya dengan mengabaikan strategi keimanan. Namun, bisa jadi ia akan mudah jatuh bangkrut dengan cepat. Atau ia tidak memiliki kehidupan yang bahagia dan tidak bisa menikmati kehidupan. Betapa sengsaranya hidup yang hanya 60-70 tahun ini jika Anda tidak bisa bahagia dan menikmati kehidupan

Utamakan Strategi Keimanan, Terapkan Strategi Bumi

Karena itu, jika Anda ingin sukses dalam bisnis apapun, utamakan strategi keimanan. Dan juga jangan lupa terapkan strategi bumi yang tepat sesuai dengan bisnis Anda. Keseimbangan antara strategi keimanan dan strategi bumi akan mengantarkan Anda mencapai kesuksesan bisnis.

Sekali lagi, jangan abaikan strategi keimanan. Agar bisnis Anda sukses dan kehidupan Anda menjadi bahagia.

0 Response to "2 Strategi Membangun Bisnis Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel